TOEIC – Test of English for International Communication

 

 

 

 

 

 

Pernah ikut tes TOEIC? Apa perlunya tes ini bagi kita?

 

Kalau kita tidak ngapa-ngapain tes ini memang tidak ada gunanya, tapi kalau kita mendapatkan tawaran pekerjaan dengan posisi dan benefit yang jauh lebih baik dari yang kita terima sekarang, tes ini bisa jadi syarat mutlak yang harus anda ikuti (dan lulus) untuk lanjut ke tahap seleksi berikutnya.

Begini kisahnya.

Sepanjang sejarah, saya baru sekali ikut tes TOEIC, itupun karena saya mendapatkan tawaran pekerjaan dengan progress karir dan benefit yang menggiurkan. Berbekal percaya diri, saya mengikuti tes yang sudah dijadwalkan oleh perusahaan tersebut. Diluar dugaan, score saya mencapai 850!, jauh diatas standard score yang ditetapkan perusahaan yaitu 700. Sombong? Itu terserah pendapat anda.

 

Lihat screen shot berikut untuk kriteria pencapaian score.

 

 

 

 

 

 

Bagi saya, pengalaman mengikuti tes TOEIC benar-benar membuka pikiran saya bahwa perusahaan bisa saja percaya dengan kemampuan kita berbahasa Inggris (mungkin dengan melihat track record resume kita) tapi percaya saja tidak cukup, harus dibuktikan dengan angka! dan ini benar-benar saya alami. Tambahan lagi, score saya ternyata tertinggi dari seluruh peserta tes waktu itu.

Anda yang sudah terbiasa dengan tes ini saya ucapkan selamat, tapi bagi anda yang belum pernah ikut tes TOEIC ada baiknya persiapkan diri anda sedini mungkin siapa tau mendadak ada tawaran pekerjaan untuk posisi dan benefit yang lebih baik dan perusahaan itu mewajibkan anda lolos tes TOEIC.

 

Link berikut bisa dijadikan referensi persiapan tes TOEIC anda secara online setelah saya browsing di internet.

www.examenglish.com

www.english-test.net

 

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Salam Sukses!

Edo Rahartadi

 

 

One Response to “TOEIC – Test of English for International Communication”

  1. jam tangan says:

    izin tuk forward. tq

Leave a Reply

Dansette

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.